Belajar Bahasa Inggris Secara Lebih Menarik di Kampung Inggris

Kampung Inggris | Sebagai sebuah bahasa internasional, Bahasa Inggris menjadi salah satu bahasa asing yang paling banyak dipelajari. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya lembaga les atau bimbingan belajar yang muncul dan menawarkan berbagai cara mudah dan efektif untuk mempelajari Bahasa Inggris. Saat ini, penggunaan Bahasa Inggris pun semakin luas. Contohnya saja, hampir dalam setiap lowongan pekerjaan, Bahasa Inggris menjadi salah satu syarat mutlak yang harus dikuasai, baik itu kemampuan berbahasa secara lisan maupun tertulis. Lebih lagi, kemampuan Bahasa Inggris juga menjadi salah satu prasyarat seseorang untuk mendapatkan promosi jabatan. Dalam hal ini, yang digunakan adalah TOEFL. Dalam hal pembelajaran Bahasa Inggris, tentu saja metode yang digunakan akan sangat berbeda dibandingkan dengan metode pembelajaran matematika atau pelajaran lainnya. Dalam hal Bahasa Inggris, pembiasaan memegang peranan penting. Selain pembiasaan, aspek lingkungan juga menjadi hal yang sangat penting untuk menciptakan kondisi yang kondusif untuk mempelajari bahasa asing tersebut.  Dengan demikian, lembaga bimbingan belajar kadang tidak akan memberikan perubahan yang cukup signifikan apabila anak yang belajar tersebut tidak benar-benar mempelajari dan membiasakan diri, ditambah lagi kondisi lingkungan yang justru tidak mendukung. Terkait dengan masalah pembiasaan dan lingkungan kondusif untuk belajar, kampung inggris bisa menjadi solusi. Kampung yang unik ini berada di daerah Kediri, Jawa Timur, tepatnya ada di dusun Pelem dan Tulungrejo yang berada di kecamatan Pare.

Seperti namanya, kampung inggris ini menjadi suatu area yang nyaman dan kondusif untuk belajar Bahasa Inggris. Dengan adanya kampung tersebut, tentu saja pembelajaran akan sekaligus menarik. Apabila orang mendengar tentang kampung inggris tersebut, barangkali orang akan langsung berpikir tentang kampung yang dalam kesehariannya menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar dalam berbagai percakapan dan kegiatan lain. Hal tersebut ternyata tidak sepenuhnya benar, karena kebanyakan orang yang ada di kampung ini masih dalam tahap belajar. Dari segi sejarahnya, kampung inggris ini tak lepas dari inisiatif seorang tokoh bernama Kalend Osen. Sejarah yang ada dibalik berdirinya kampung ini pun cukup unik. Berawal dari keterbatasan Pak Kalend, akhirnya beliau mampu mencetuskan ide tentang kampung yang didominasi dengan Bahasa Inggris. Pada awalnya, kampung inggris ini bukanlah suatu kampung, tapi hanya sekedar lembaga les pada umumnya, hal ini pun bermula dari ketidaksengajaan. Semua berawal dari peristiwa ketika ada mahasiswa yang sedang mempersiapkan diri untuk ujian Bahasa Inggris dan ingin belajar dari guru Pak Kalend. Hanya saja, pada waktu itu, guru dari Pak Kalend itu sedang tidak berada di tempat, sehingga Pak Kalend-lah yang membantu mahasiswa tersebut. Ternyata, usaha tersebut berhasil sehingga banyak junior dari mahasiswa tersebut yang juga ingin belajar dari Pak Kalend. Sejak saat itu, Pak Kalend berpikir untuk membuat lembaga les yang sekiranya bisa mnenampung lebih banyak orang.  Hanya saja, ternyata semakin banyak orang yang berminat, sehingga kemudian diperluas dan menjadi suatu kampung yang bisa menjadi tempat yang nyaman untuk belajar Bahasa Inggris. Hal ini tentu menjadi suatu hal yang sangat menarik. Hal yang menarik tersebut tentu saja terkait dengan ide yang keluar dari gagasan Pak Kalend.

kampung inggris pare venus original camp 05

Saat ini, kampung inggris tersebut telah semakin terkenal. Kampung tersebut pun tak lagi sebatas unik, tapi justru menjadi kampung yang inspiratif. Dengan adanya kampung tersebut, setiap orang bisa mendapatkan kesempatan belajar Bahasa Inggris di lingkungan yang sangat kondusif,karena sebagian besar orang yang ada di kampung tersebut pun menggunakan Bahasa Inggris. Segala hal yang menarik dari kampung yang terletak di kecamatan Pare, kediri ini berhasil memikat banyak orang dari berbagai daerah. Bahkan, ada pula orang-orang dari negara lain yang turut hadir ke kampung berbahasa Inggris ini. Semakin banyaknya orang yang datang dan tertarik, semakin banyak pula muncul berbagai macam jenis bimbingan belajar yang berdiri di sekitar kampung inggris tersebut. Umumnya, yang datang adalah para remaja yang memang ingin belajar Bahasa Inggris. Dalam hal ini, musim liburan menjadi pilihan waktu yang paling tepat untuk mencicipi suasana kampung berbahasa Inggris. Pada awalnya, sebenarnya hanya ada satu lembaga belajar dan itu merupakan lembaga yang didirikan oleh Pak Kalend. Semakin hari, semakin banyaklah lembaga pendidikan Bahasa Inggris yang muncul. Dari sekian banyak lembaga bimbingan belajar, VOC menjadi salah satu lembaga yang cukup terkenal di daerah Pare tersebut. VOC ini menjadi lembaga bimbingan belajar yang bisa dibilang sangat luas karena memiliki luas hingga 1000 m². VOC ini sama sekali tak ada hubungannya dengan peristiwa penjajahan pada masa lampau, namun VOC ini  merupakan singkatan dari Venus Original Camp. VOC ini menjadi cukup terkenal karena memang mampu memberikan kenyamanan pada murid yang belajar. Kenyamanan ini tentu sangat jelas terlihat dari fasilitas yang disediakan, mulai dari AC, akses wifi, kamar berasrama, staff pengajar dan area yang cukup luas. Selain itu, biaya pembayaran pun tidak terlalu mahal.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s